Just another WordPress.com site

Di ekosistem ini terjadi beberapa rantai makanan. Adapun salah satu rantai makanan itu adalah sebagai berikut ;
Fitoplankton –zooplankton-ikan kecil-ikan besar-burung/ ular/ manusia
Pencemaran lingkungan yang terjadi di LSI dapat mengganggu kestabilan ekosostem tersebut sehingga memberikan dampak negatif terhadap komponen-komponen biotik dan abiotiknya.
Salah satu pencemaran lingkungan yang terdapat di danau LSI adalah banyaknya sampah plastik yang dibuang ke dalam danau secara sembarangan.
Sampah plastik yang dibuang ke dalam danau dapat menyebabkan beberapa masalah seperti menghambat aliran air sehingga laju air menjadi lebih lambat. Laju air yang lebih lambat ini dapat mengganggu kehidupan makhluk hidup yang ada di dalam danau karena pertukaran air menjadi lebih lambat. Samapah ini semakin hari akan semakin banyak, baik yang mengapung di permukaan air atau yang tenggelam dan mengganggu ekosistem danau. Sampah yang menumpuk di dasar sungai ini dapat menyebabkan berkurangnya daya tampung danau sehingga jika terjadi hujan, maka kemungkinan terjadi banjir akan semakin besar yang dapat menyebabkan ekosistem rusak.

Selain itu sampah plastik yang terdapat di danau lambat laun akan terurai menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, namun tetap polimer, bahkan sampai ke tingkat molekuler. Ketika partikel-partikel plastik mengambang hingga seukuran zooplankton dan dikonsumsi oleh hewan lain yang lebih besar, dengan cara inilah plastik masuk ke dalam rantai makanan
Banyak dari potongan plastik ini kemungkinan besar akan berakhir di perut burung yang terdapat di sekitar danau dan hewan lain termasuk manusia karena banyak juga penduduk yang memancing di danau LSI. Bagi manusia hal ini dapat mengganggu sistem endokrin ketika dikonsumsi, serta dapat menekan sistem kekebalan tubuh atau menurunkan tingkat reproduksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: